Minggu, 03 Juli 2022

Makalah tentang Motivasi


Motivasi dan Implikasinya dalam Pembelajaran

 Motivasi adalah sebuah konstruk yang penting dalam ranah psikologi yang mempengaruhi pembelajaran, Menurut Ellioth dkk. (2000) sekurang-kurangnya dalam 4 aspek, yaitu:

1)  Motivasi dapat meningkatkan energy indidu untuk melakukan pekerjaannya, hal ini berpengaruh pada sejauhmana seseorang tersebut mencintai pekerjaannya.

2)    Motivasi membuat seseorang untuk berusaha mencapai tujuan tertentu.

3)    Motivasi meningkatkan keinginan untuk melakukan sebuah aktifitas.

4)    Motivasi mempengaruhi strategi pembelajaran dan proses kognitif seseorang, meningkatkan focus perhatian dalam pelajaran. Dan belajar suatu yang bermanfaat.

 

Aspek lain yang sering didiskusikan adalah terkait pentingnya intrinsic motivation dan extrinsic motivation. Intrinsic Mtivation berarti siswa itu sendiri menunjukkan keinginan untuk belajar tanpa ada factor eksternal yang mempengaruhi. Sebaliknya eksternal motivation adalah apabila siswa dalam belajar lebih dipengaruhi oleh faktor dari luar.

           Menurut Ellioth & Kratochwill (2000) berpendapat “The intrinsic –extrinsic motivation is a false one” karena pada praktiknya  seseorang selalu mendapat konsekuensi extrinsic  dari siswa yang mempengaruhi usaha mereka. Tujuan jangka panjang seorang guru dan orang tua adalah melihat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, bisa mengatur sendiri, berinisiatif dan menata minat terhadap apa yang ingin dipelajarinya.


INGIN TAHU LEBIH MENDALAM TENTANG PEMBAHASAN

YANG TERKAIT DENGAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN, ANDA BISA MEMBACA MAKALAH LENGKAPNYA DENGAN DOWNLOAD DI BAWAH INI